Pak Tino Sidin

“…….gambar dateng dari Adi Mustika, gambarnya pemandangan, yak…bagus!…”  Masih ingat kata-kata itu? Ya, itu Pak Tino Sidin di acara Gemar Menggambar di TVRI lebih dua puluh tahun yang lalu.

Kemarin saya membongkar foto-foto lama, cari yang mungkin masih bisa diselamatkan. Nah, ketemu foto Pak Tino Sidin dirawat di RSU Kebumen. Hm….fotonya mulai rusak  karena lama tersimpan dan tidak dibuka jadi lembab, apalagi tempat penyimpanan fotonya tidak dilengkapi pemanas ruangan, atau minimal di dalam lemari penyimpanannya dipasang lampu pijar untuk penghangat seperti pada piano akustik yang ada lampu pijar yang menyala terus di dalam kotak dawai-dawainya, tapi ini tidak ada, jadi lembab.

Nah, foto itu ceritanya begini, pada akhir November 1981 Pak Tino Sidin mengalami kecelakaan mobil di daerah Kebumen. Ceritanya waktu itu Pak Tino Sidin dalam perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta mengemudikan colt station sendiri. Karena sangat lelah lalu bertabrakan dengan colt yang berpapasan yang membawa banyak pelajar. Dalam kecelakaan itu kabarnya ada pelajar yang meninggal, beberapa mengalami luka-luka. Pak Tino Sidin mengalami gegar otak ringan dan dirawat di ruang VIP RSU Kebumen, di ruang paling ujung. Karena Pak Tino Sidin orang terkenal, jadinya setiap jam bezuuk selalu ramai orang yang datang ingin bersalaman. Waktu itu saya sekolah di SD di seberang RSU Kebumen. Saya agak lupa dengan siapa saja waktu bezuuk, tapi kakak saya bawa kamera. Saya pun bersalaman dengan Pak Tino Sidin, dan tidak lupa menyerahkan gambar yang diterima oleh putri Pak Tino Sidin.  Wah, senang sekali.  Saya rasanya tidak sabar menunggu gambar saya masuk TV,  saya pun berdoa semoga Pak Tino Sidin cepat sembuh, biar gambar saya cepat muncul di TV.  Mungkin juga berkat doa anak-anak yang lain di seluruh Indonesia yang sama seperti saya, beberapa minggu kemudian Pak Tino Sidin sembuh dan siaran lagi, gambar saya itu dikomentari “yak…bagus!”  Tapi memang semua gambar dikomentari bagus. Mungkin itu cara mendongkrak rasa percaya diri kita untuk tidak takut menggambar dengan cara sederhana, garis lurus dan garis lengkung yang bisa menjadi bentuk apa saja.

Pak Tino Sidin dirawat di RSU Kebumen

Pak Tino Sidin, katanya nama aslinya memang itu, lahir di Tebingtinggi pada 25 November 1925. Menyelesaikan sekolah di Akademi Seni Rupa Indonesia di Yogyakarta, cikal bakal ISI (Institut seni Indonesia) Yogyakarta. Umumnya seniman penampilannya memang beda, maka Pak Tino Sidin memakai baret hitam yang ada pentolnya di tengah.

Buku menggambarnya Pak Tino Sidin

Pak Tino Sidin pelukis yang penyayang anak-anak, dan mengajar menggambar untuk anak-anak mulai di Yogyakarta. Sempat menulis buku Bawang Merah Bawang Putih, Ibu Pertiwi, dan Mari Menggambar (10 jilid). Pak Tino Sidin  meninggal dunia pada 29 Desember 1995 dalam usia 70 tahun.

adimust. 8 april 2011.

4 Responses to Pak Tino Sidin

  1. Terimakasih postingannya. Aku juga pernah ikut lomba menggambarnya Pak Tino Sidin. Kaos ku pernah di tanda tangi beliau. sayangnya kaos itu sekarang hilang :(

  2. titik tino sidin says:

    terima kasih atas tulisan mas adi, kami dari keluarga alm.Pak Tino Sidin sangat senang membaca tulisan mas adi,,,, Kami keluarga sedang merencanakan membikin rumah museum secara sederhanan unt [ak tino sidi, di jl. Tino sidin 297 kadipiro, yogya… sekarang baru tahap mendokumentasi karya2 dan buku2… mungkin nanti kami menghubungi mas adi, untuk menambah info/ kesan tentang pak tino sidin… terus terang ini proyek bonek, karena keterbatasan beberapa hal… mohon doanya, dengan niat baik akan diberi kemudaanNya untuk mewujudkannya.

    • Setiandi says:

      boleh minta alamat Museum tersebut? Kalo bisa saya dapatkan buku2 belajar menggambar, gimana caranya ya…?
      Info bisa dikirim ke y.setiandi@gmail.com

      • adimust says:

        saya belum tahu perkembangan rencana museum itu, tapi menurut keluarga pak tino sidin, rencananya akan didirikan di jl. Tino sidin 297 kadipiro, yogya.
        kalau buku belajar menggambar itu banyak di toko buku. atau maksudnya buku belajar menggambar karya pak tino sidin?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s