masjid al karomah martapura

masjid alkaromah martapura

ini adalah salah satu masjid terbesar di kalimantan selatan. menurut cerita, sebelum menjadi bentuk seperti sekarang, masjid ini telah berulang kali direnovasi sesuai selera donatur dan nazir masjid jami’. tidak heran karena banyaknya donatur dan sumbangan yang mengalir setiap minggunya, sekitar Rp 8 juta – Rp 10 juta.

masjid ini dibangun tahun 1280 hijriyah atau 1863 masehi. soko gurunya diambilkan kayu ulin dari barito, kalimantan tengah. menurut cerita, arsitektur masjid ini mengikuti masjid demak buatan sunan kalijaga.  miniaturnya dibawa utusan desa dalam pagar dan ukurannya sangat rapi serta mudah disesuaikan dengan bangunan sebenarnya karena telah memakai skala. pertama dibangun masjid ini berukuran 37,5 m x 37,5 m. kesultanan banjar berdiri atas bantuan kesultanan demak dengan syarat mau memeluk agama islam. utusan demak yang mengajar agama islam di banjar adalah khatib dayan.

kini masjid alkaromah berubah mengadopsi bentuk timur tengah dengan kubah bawang, dan ornamen gaya belanda. tetapi di dalam ada “masjid dalam masjid” yang konstruksinya dari kayu ulin sebagai peninggalan bangunan pertama masjid. sedangkan mimbar tempat khatib berkhutbah dibuat lebih satu abad yang lalu yang diarsiteki HM Musyafa.

martapura sebagai bekas ibukota kesultanan banjar masih tetap tampak religius.  di bekas kesultanan banjar ini banyak pesantren. salah seorang kiai ternama dari suku banjar adalah kh idham khalid, yang lahir di satui, yang menjadi ketua umum PBNU pada umur 34 tahun, dan menjabat selama 28 tahun. ia juga politisi yang santun dan beretika, pada jaman old order pernah menjadi wakil perdana menteri pada umur 34 tahun, pada jaman new order pernah menjadi menteri, dan pernah menjadi ketua MPR.

One Response to masjid al karomah martapura

  1. fitriana says:

    good……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s