Museum Sultan Suriansyah

sebagaimana umumnya museum di indonesia, museum sultan suriansyah di banjarmasin ini pun gak kalah sepi. dan benda koleksinya pun tampak memelas. padahal lokasinya di dalam kota banjarmasin, gak jauh dari univ.lambung mangkurat, bisa dijangkau dengan transportasi darat, bisa juga dengan transportasi air karena di depannya ada terminal kelotok (perahunya namanya kelotok, mungkin karena bunyinya otok-otok mirip perahu mainan yang pakai api).

museum ini berada di kompleks makam sultan suriansyah. ruang pamernya kecil, mungkin cuma 5×5 meter persegi. koleksinya gak banyak, ada dua etalase, etalase yang satu berisi guci dan etalase lainnya berisi mangkuk, teko, pecahan keramik, batu kerikil, kayu, lempeng batu, koin kuno. di dinding terpampang gambar diri raja-raja banjar. ada juga silsilah raja-raja banjar. tapi garis-garis penghubungnya gak jelas. mau tanya tapi gak ada guide-nya.

jadi yang terbaca begini: deretan teratas dari silsilah itu ada batara bisnu di kayangan, raja keling, batara gangga dari dunia bawah laut. deretan di bawahnya ada dewi ratna kesuma, raja iskandar, dewi gumilir awan, ampu jatmika, dewi sari jaya, nabi khaidir, dewi kesuma sari. saya gak tahu, mungkin yang dimaksud raja iskandar di deretan ini adalah alexander the great (raja iskandar agung), dan nabi kahidir adalah nabi yang sejaman dengan nabi musa bani israil. lalu deretan di bawahnya lagi adalah: kembar siam turun ke bumi, dan dewi keriang bungsu. deretan di bawahnya lagi: ampu mandastana, lambu mangkurat, puteri tanpa kaki dan tangan dilempar ke bumi. deretan berikutnya: bambang patmaraga (ketika dibunuh diambil lagi batara gangga), bambang sukmaraga (reinkarnasi sebagai putera majapahit lewat nang bangkiling).
raja-raja banjar dibagi menurut periode berikut: 
periode pertama: periode nagara dipa. dalam periode ini terdapat deretan nama: pangeran surianata, puteri junjung buih, lambung mangkurat, dayang diparaja, pangeran suryawangsa, pangeran surya ganggawangsa, pangeran aria dewangsa, puteri kabuwaringin.
periode kedua: periode negara daha zaman syiwa budha. daftar nama-nama raja: raden sekar sungsang, maharaja sari kaburangan, maharaja sukarama, maharaja mangkubumi…dst.

suriansyah adalah raja pertama di banjar yang beragama islam, dan dianggap pendiri banjarmasin.
suriansyah adalah putera dari puteri galuh beranakan (Ratu Intan Sari) yaitu puteri dari maharaja sukarama dari kerajaan negara daha. dan nama bapaknya adalah raden mantri alu, keponakan maharaja sukarama. nama “suriansyah” sering dipakai sebagai nama anak laki-laki suku banjar atau orang melayu-kalimantan.

2 Responses to Museum Sultan Suriansyah

  1. nopan says:

    bisa arah menuju ke museum ini via kendaraan umum?

    • adimust says:

      kalau kendaraan umum darat tampaknya gak ada yg lewat museum ini. kalau naik perahu kelotok mungkin bisa, karena di depan museum ini ada halte perahu kelotok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s