ANGGREK ITU “BUAH ANU”

Orchidaceae atau keluarga anggrek diduga merupakan kelompok tumbuh-tumbuhan berbunga yang jumlah anggotanya paling banyak kedua setelah keluarga aster atauAsteraceae. Menurut pakar peranggrekan, di seluruh dunia diperkirakan terdapat 17.000 – 35.000 jenis anggrek. Negeri beriklim tropis merupakan surganya anggrek. Indonesia sebagai salah satu negeri tropis diperkirakan memiliki kekayaan anggrek alam mencapai 5.000 jenis, dan terutama untuk jenis-jenis anggrek epifit. 

Salah satu pulau yang memiliki kekayaan jenis anggrek alam cukup melimpah yaitu Kalimantan. Jumlahnya kira-kira sampai 2.000 jenis. Salah satu yang menjadi perhatian ialah anggrek hitam alias black orchid yang terancam punah itu. Karena pemerintah Indonesia telah turut serta menandatangani Konvensi Keanekaragaman Hayati PBB, maka kita wajib melaksanakan program pelestarian dan perlindungan terhadap keanekaragaman hayati yang langka agar terhindar dari kepunahan.

Merujuk ke konvensi itu, pemerintah Indonesia telah menetapkan anggrek hitam sebagai salah satu jenis anggrek yang mendapatkan status dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 7/1999. Konsekuensinya, orang tidak boleh sembarangan mengeluarkan anggrek hitam dari habitat aslinya. Apalagi sampai menyebabkan kepunahan. Yang melanggar dapat diperkarakan ke pengadilan dan diancam dengan hukuman pidana lima tahun dan denda Rp 100 juta.

Ngomong-ngomong, dari mana sih nama orchid itu? Penemu anggrek pertama yaitu Theophrastes dari zaman Yunani kuno (Intisari, Desember 1988). Jenis yang ditemukannya kebetulan membentuk umbi yang berpasangan dalam tanah. Karena bentuknya mirip testis kepunyaan Dewa Apollo, Theophrastes lalu menjulukinya orchis.Artinya, ya “buah anu” itu. Sayangnya, orang Inggris yang banyak menyerap kata Yunani suka keseleo lidah sehingga bunyinya berubah menjadi orchid. Jadilah suku tanaman itu kemudian disebut Orchidaceae. :

Adi Mustika/Yds

Majalah INTISARI – Mei 2004

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s