alas purwo

taman nasional alas purwo terletak di ujung timur pulau jawa, masuk kabupaten banyuwangi.  alas purwo berarti hutan pertama, menurut mitos alas purwo adalah hutan tertua di jawa.

transportasi dan akomodasi:

  • surabaya – banyuwangi jaraknya 290 km, bisa ditempuh dengan bus, kereta api, travel. kabarnya dalam waktu dekat ada pesawat perintis.
  • dari banyuwangi menuju alas purwo jaraknya sekitar 65 km bisa ditempuh menggunakan bus. dari banyuwangi ke benculuk, lalu ganti bus dari benculuk tujuan kali pait.  frekuensi bus ini jarang, bisa juga menggunakan mobil sewaan. dari kali pait ke rawa bendo (pos pintu utama) bisa berjalan kaki (tapi jauh) atau naik ojek (dulu tarifnya Rp.25.ooo sekali jalan, mungkin sekarang sudah naik).  setelah beli tiket masuk, kita bisa melanjutkan ke mana terserah. mau blusukan di hutan? atau ke pantai seperti segara anakan, pantai triangulasi, pantai ngagelan, atau ke lokasi surfing di plengkung. ada alternatif, dari benculuk naik bus ke grajagan, dari grajagan sewa speedboat menuju plengkung.
  • fasilitas: di plengkung atau G-land tersedia cottage. G-land adalah salah satu surga para peselancar.  kalau mau blusukan bisa memakai jasa guide yaitu jagawana atau asisten jagawana dg tarif berkisar Rp.75.ooo – Rp.100.000 perhari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s