dongeng sebelum tidur itu ternyata berguna

waktu kanak-kanak dulu, setiap saya mau brangkat tidur hampir selalu didongengi dulu. yang ndongeng bapak. saya sangat terkesan, setiap ndongeng terasa hidup, seolah-olah tokoh-tokoh dalam dongeng itu ada di depan saya. bapak membedakan suara tiap tokoh itu dalam percakapannya. mirip dalang. lha kalau pas kliru suaranya, misalnya mustinya yang ngomong kancil tapi pakai suaranya buaya, saya biasanya protes, pak itu kan suaranya buaya. bapak lalu mengoreksi suaranya.

yang juga berkesan, sepertinya bapak tidak pernah kehabisan dongeng, mulai dongeng legendaris kancil nyolong timun, kancil dan buaya, dan dongeng binatang-binatang lainnya, dongeng rakyat timun mas, jaka tarub, mas karebet yang bisa nangkep kebo ngamuk di pasar dengan memasukkan tanah liat ke kuping kebo itu, ki ageng sela yang bisa nangkep petir (mungkin beliau ini penemu penangkal petir ya?), ki pradah, damar wulan, dsb. kadang-kadang cerita nabi-nabi (dulu punya buku cerita nabi-nabi yang tebal, sampulnya hitam). kadang-kadang dongeng request, maksudnya saya yang menentukan topiknya, misalnya dongeng semut, kadal, yang jelas gak ada di buku, jadi bapak musti ngarang sendiri. kalau ternyata alur ceritanya sudah pernah, biasanya saya gak mau, minta ganti yang belum pernah.
tapi bapak ndongengnya itu di luar kepala, jadi bukan membacakan buku.

setelah saya sekolah dan bisa baca, dongeng kancil dkk itu digantikan cerita lain. dulu bapak suka baca buku cerita, yang berbahasa java dan bahasa indonesia. sambil tiduran di samping bapak saya ndengerin bapak baca buku. kalau ada percakapannya bapak juga membedakan suara tokoh-tokohnya. ada buku cerita bahasa java seperti pardi prenges, lalu ada cerita abu nawas, cerita 1001 malam, ada juga cerita winnetou, kara ben nemsi, dan banyak lagi. (kegemaran bapak baca buku tampaknya menular ke anak-anaknya).

kemarin ada perbincangan psikologi di radio membicarakan perkembangan anak, tapi saya cuma dengar sebagian, telat ndengerinnya. katanya, tradisi dongeng sebelum tidur itu bermanfaat. pada saat sebelum tidur, pada kondisi alpha, otak anak berada pada keadaan maksimum sehingga daya rekamnya tinggi. apa yang didengar anak menjelang tidur itu akan masuk memori dengan sukses tanpa sensor. jadi, sebelum tidur sebaiknya anak memang didongengi atau dibacakan buku, temtu yang menanamkan hal-hal baik

28 januari 2010

5 Responses to dongeng sebelum tidur itu ternyata berguna

  1. dimana kami bisa mendapatkan buku cerita pardi prenges?

  2. wah..menarik…ada rekomendasi kumpulan dongeng untuk anak mas?

  3. Jadid Art says:

    wah..menarik…ada rekomendasi kumpulan dongeng untuk anak mas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s