gembel

pernah liat gembel di wonosobo? bukan gembel yang tuna wisma itu lho, tapi anak yg rambutnya gembel. konon gembel yg mulai tumbuh sejak kecil itu keramat, tidak boleh sembarangan dipotong begitu saja. bisa kualat.

dulu pas KKN (bukan korupsi kolusi nepotisme lho, tapi kuliah kerja nyata) di wonosobo, anaknya kepala desa tempat kita kos rambutnya punya bibit gembel di bagian belakang. klo dilihat, tampaknya itu seperti berasal dari kotoran yang tidak segera dibersihkan sehingga lama2 rambut yang lain nempel, tambah lama tambah banyak yang nempel. kalo disisiri sulit. pas ngobrol2 sama kepala desa kita pernah nyarankan rambutnya anaknya itu dibersihkan aja biar gak jadi gembel. anak ini sih sebenernya rutin dikeramasi, tapi bibit gembelnya dibiarkan gak dibersihkan, malah tampaknya dipelihara. katanya malah itu pertanda turunan keramat. kalau mau motong gembelnya itu harus pake upacara khusus, nanggap wayang segala. nah waktu diupacarai itu biasanya si anak gembel boleh milih hadiah.

upacara khusus dg nanggap wayang itu tentu butuh biaya tidak sedikit. makanya banyak anak kecil gembel yang nunggu gede baru dipotong gembelnya itu, mungkin karena ngumpulin dana dulu.

eh, gimana ya kalo gembelnya itu dipelihara terus biar kayak pemusik rasta itu, siapa namanya? bob marley? banyak yg niru juga lho. keren…. mungkin klo dia potong rambut gembelnya enggak wayangan lagi tapi nanggap musik reggae ya… hehehe….
tertarik mau gembel?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s