kebaya

menurut sejarah, kebaya adalah pakaian atasan pertama bagi wanita indonesia, khususnya di java. sebelum ada kebaya, para wanita cuma pakai bawahan, tubuh bagian atas terbuka. misalnya, pakaian wanita papua cuma berupa rok dari rumbai-rumbai kulit kayu. pakaian wanita java berupa kain jarik panjang yang dililitkan ke tubuh sampai dada. pakaian wanita bali sama seperti di java tapi gak sampai menutup dada.

kebaya berkembang sekitar abad 15 karena pengaruh masuknya islam ke indonesia. agama islam mengajarkan wanita memakai pakaian yang menutup seluruh auratnya, yang termasuk aurat wanita adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. di negeri yang sudah lebih dulu muslim, pakaian wanitanya menutup seluruh aurat. bagaimana dengan pakaian wanita indonesia saat itu? maka dikembangkanlah kebaya untuk menutup tubuh bagian atas yang tadinya masih terbuka. kebaya pada awalnya adalah atasan panjang berbentuk tunik sederhana yang menjulur dari leher sampai lutut. rada mirip jubah. kebaya juga dilengkapi dengan kerudung. maka kebaya adalah modifikasi cerdas dari para mubaligh saat itu dalam mengajarkan agamanya, dengan masih mengambil unsur tradisional lokal seperti jarik itu sebagai bawahannya. dan kebaya dinilai cocok untuk iklim tropis indonesia.

di negara-negara muslim lainnya seperti di kawasan arab, pakaian wanitanya berupa abaya. di asia selatan pakaian yang menyerupai abaya adalah burqa. di iran yang serupa dengan abaya adalah chador (bhs javanya: cadar) yang biasanya warnanya gelap, misalnya coklat tua atau hitam. adakah kebaya mengambil inspirasi dari abaya? kedengarannya agak mirip ya? adakah diantara saudara yang tahu, adakah hubungan kebaya dengan abaya?

pada akhir abad ke-19, kebaya juga populer sebagai busana para perempuan belanda yang membutuhkan pakaian yang cocok dengan iklim tropis Indonesia. Selain itu, model kebaya juga pernah populer di kalangan perempuan peranakan cina sehingga muncul sebutan kebaya encim. seiring berjalannya waktu, kebaya pun menjadi sebuah simbol feminisme (misalnya di jaman kartini), busana khas perempuan yang kemudian menjadi busana nasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s