kembar

kemarin hari apa lupa, baca di koran ada sebuah desa di india yang banyak menghasilkan anak kembar. di sana ada sekitar 250 pasang anak kembar yang terdaftar. lha yang enggak kedaftar masih ada katanya. hm…anak kembar, fenomena yang menarik. dengar2 ada dua macam anak kembar yaitu kembar satu telur yang menghasilkan kembar identik bak pinang dibelah dua dan kembar beda telur yang menghasilkan kembar tidak identik. klo kembar identik jenis kelaminnya sama, ini adalah cloning alami. klo kembar beda telur bisa terjadi jenis kelamin sama bisa juga beda yaitu laki dan perempuan. lha ternyata, kata keluargaku, diriku ini kembar laki perempuan. katanya lagi diriku lahir lebih dulu trus sekitar 25 menit kemudian adikku perempuan lahir. jadi di keluargaku ada 2 anak bungsu.

kadang2 ada orang tanya, anak kembar itu apa punya kesamaan karakter, tus ada juga yang tanya apa juga kalo yang satu sakit satunya ikut sakit, yang satu sedih satunya ikut sedih, meskipun di tempat yang terpisah satu sama lain, dan bbrp pertanyaan lain. wah…gak tahu ya apa begitu apa enggak, tapi yang jelas dulu pas kecil pernah juga sama2 sakit yang sama, tapi mungkin karena yang satu nulari satunya ya, lha wong diasuh bareng2. yah….klo di keluarga itu ada yang flu kan sangat potensial anggota keluarga yang lain kena flu juga.

di beberapa keluarga, anak kembar terutama yang kembar identik, biasanya dikasih pakaian yang sama, mainan yang sama, pokoknya serba sama, katanya biar enggak saling iri. klo masih kecil mungkin gak papa ya, malah mungkin lucu.

hm…entah kenapa ya, dari kecil aku sudah enggak begitu suka pakaian yang sama dengan yang lain, meskipun seandainya diriku kembar identik sekalipun. maunya beda, kalau bisa enggak ada orang lain yang punya baju seperti bajuku. baju seragam sekolah pun sebenernya diriku enggak suka. hehehe…..tapi terpaksa.

apa yang menyebabkan terjadi anak kembar ya? genetik? mungkin. ada juga yang menduga apa yang dimakan dan diminum memberi sumbangan pada terjadinya kembar. pakar nutrisi menyebutkan terdapat banyak makanan kaya estrogen yang baik untuk kesuburan kandungan, misalnya ubi jalar, jewawut, kedelai, gandum.

menurut data yang ada, orang asia rata2 memiliki angka kelahiran kembar terendah di dunia, hanya 4 per 1000. sementara di nigeria dan spanyol angka kelahiran kembar lebih tinggi. ada pakar yang menyebut bahwa perempuan berkulit hitam lebih mudah mendapatkan stimulus hormon dan menghasilkan anak kembar. eh tapi bagaimana dengan orang papua dan aborigin ya? kayaknya belum ada data, sodara tertarik mau mendata?

btw ada juga temenku yang punya anak kembar sama kelamin ada juga yang kembar laki perempuan. apa enggak kerepotan ya ngasuh anak kembar? hm…yang masih ingat dulu sih ibuku enggak terlalu kerepotan, apalagi diriku punya 4 kakak jadi mereka bisa dikerahkan mbantu ngasuh. yang agak repot ya klo pas rebutan ASI. selama 2 tahun diriku dan kembaranku dikasi ASI bergantian, klo bareng2 pasti repot ya? hehehe….

 

 

yk 17 mei 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s