mau cepet kaya? ikuti program UGD

bbrp wkt lalu saya ke daerah pinggiran kota di jawa timur. saya sempat cangkrukan ngobrol sana-sini. salah satu hal yg menarik adl obrolan soal program cepat kaya melalui sebuah MLM, dimana yg mau ndaftar jadi anggota hrs nyetor uang cukup besar. bbrp orang desa sudah jual sapi, tapi tetep saja gak ada hasilnya. ini yg sempat jadi rasan2 orang desa. saya ingat, saya juga pernah diajak ikut program itu. dan saya juga sdh prnh tulis cerita ini di blog saya, begini ceritanya:

suatu hari minggu (thn 2008) saya ikut sebuah pertemuan di trenggalek jawa timur. Mulanya saya enggak tahu pertemuan apa, krn yg ngajak itu juga enggak mau njelasin pertemuan apa, katanya ayolah ikut aja, nanti di sana akan jelas semuanya. saya penasaran, lalu memutusken ikut ajakan itu. Yg diajak ternyata banyak, dan mrk juga enggak tahu pertemuan apa dan tujuannya apa. wah…saya tambah penasaran. Tp yg jelas semua biaya transportasi dan akomodasi peserta yg ikut ajakan itu ditanggung team yg ngajak. Kita brangkatnya Saturday afternoon krn ke trenggalek jauh sekitar 7 jam perjlnn darat, enggak ada pswt ke sana. Tp perjlnn lumayan mengasyikken, menembus pegunungan yg pemandengannya lumayan bagus. Kita nginep semalam di trenggalek.

bsoknya, pagi2 kita diajak ke gedung. Sampai di gedung terlihat banyak banget mobil luar kota, wah…..pesertanya banyak banget sampai beratus-ratus orang. Di depan gedung dipasang umbul2 (penjor) kuning dg tulisan “ora umum”. Di tembok gedung berarsitektur eropah, terpasang spanduk yg memberi motivasi, lengkap dg poto sang motivator yg msh muda dan lumayan ganteng, mgkn msh lajang. Di spanduk itu juga tertulis “amoeba team”, lalu di bawahnya tertulis “ora umum”.

Pertemuannya katanya nanti jam 9, krn itu kita diajak sarapan dulu. Sambil jln ke tempat mkn, kita nglewati halaman gedung, di halaman itu terparkir 4 mobil mewah yg harganya mulai 600 jutaan sampe yg harga 1 milyar lebih. Katanya mobil itu milik sang guru bsr dan sang motivator. Plat nomornya aja pake nomor satu. Di sebelah gedung itu rada ke belakang ada rmh mewah berlantai 3 dg arsitektur eropah juga. Biaya pembangunannya mgkn lbh dr 1 milyar. Itu rmh sang guru bsr.

Kita mkn di warung tetangga rmh sang guru bsr. Tampaknya pertemuan tiap minggu itu bawa berkah buwat lingkungan sekitar gedung. Selesai mkn kita diajak masuk gedung. Kita duduk di kursi sesuai kavlingan team yg ngajak kita. Disana banyak kavling dr berbagai daerah. Gedungnya enggak begitu bsr, tp muat banyak org, jendelanya kecil2 memanjang tanpa daun jendela, di bgn dpn ada panggung dan papan tulis blackboard putih (whiteboard mksdnya, hehehe….). Di tembok dlm gedung terpasang poster2, ada bung karno, paus Johannes paulus II yg dipake buat gambar di koin emas, lalu ada masjid nabawi, koin emas bergambar tokoh dunia, trus ada poster gambar perhiasan berlian, dan arloji mewah. Poster2 itu dibingkai dan ditutup kaca. Trus di depan ada spanduk berisi motivasi dan poto sang motivator, trus ada tulisannya “amoeba team” lalu dibwhnya tulisan “ora umum”. saya enggak tau mksdnya amoeba team, mgkn nama itu diambil dari pelajaran biologi. Amoeba adl makhluk mikroskopis bersel satu yg berubah2 bentuknya. Amoeba berasal dari bhs latin yg artinya enggak berbentuk. Trus mksdnya kata “ora umum” itu juga blm jelas, apanya yg enggak umum?

Jam nunjuk angka 8, utk ngisi wkt diadaken live show yg diiringi keyboard. Bbrp org gantian nyanyi di dpn, tp nyanyinya dangdut tuh, banyak yg joged. Ngliat peserta pertemuan, kebanyakan penampilan mereka memang sesuai sama lagu dangdut, hehehe….(bkn ngece lho….)

jam 9 show brenti. Lalu MC-nya ngumumken klo acara segera dimulai, dan sang motivator pun masuk. Dia pake baju putih lengan panjang ditutup jas hitam, celana hitam, sepatu hitam, di pergelangan tangan ada arloji dan gelang mewah dr rantai emas. Ceramah dimulai dg teriakan: “MASIH SEMANGAT?” dan peserta hrs njawab dg gegap gempita: “MASIH……!!!” klo enggak gegap gempita teriakan itu diulangi lagi diulangi lg. Sang motivator berceramah dg teriak2, meskipun pake mik. Mgkn buwat nunjukin bhw dia sangat bersemangat. Isi ceramahnya adl ngajak org2 yg msh miskin tp ingin kaya buwat ikut jaringan spt dia.

Diuraiken panjang lebar, termasuk legalitas jaringan itu. Itu adl jaringan internasional, berpusat di hongkong, di jkt kantornya di Wisma Metropolitan, Lantai 11 dan 15 Kompleks World Trade Centre Jl. Jend. Sudirman 29-31. di sby dan di bali juga ada kantornya.

Mnrt sang motivator, ini adl bkn MLM -multi level marketing (tp stlh saya cek di websitenya ternyata jelas2 bilang MLM internasional punya kantor di byk negara). Jaringan ini katanya legal dari sisi hukum dan dari sisi agama. dari sisi hukum, katanya presiden megawati menandatangani persetujuan dg pimpinan jaringan ini utk nerbitken koin emas bergambar bung karno. Dr sisi agama, katanya gus dur menandatangani persetujuan dg pimpinan jaringan ini utk nerbitken koin emas bergambar hadratussyaikh hasyim asy’ari. (saya inget, dulu soal ini kayaknya berkaitan sama goldquest. Klo enggak kliru dulu goldquest sdh dianggep haram oleh ulama2 nahdlatul ulama (NU) krn ternyata adl moneygame yg enggak sesuai syariat islam. tp entahlah apa ada kaitan goldquest sama jaringan ini?).

Stlh njelasken aspek legalnya, lalu dijelasken aturan main di jaringan ini. Jaringan ini pake system dua kaki. Jd klo sdh dpt pengikut 3 di kiri dan 3 di kanan maka sang upline dpt gaji US$250. kita tetep di Indonesia tp dpt dollar, itulah keuntungan besarnya. Klo dollar sejmlh itu dipake hdp di amerika seminggu habis, tp klo dikrus ke rupiah (bilangnya dikrus, mgkn mksdnya kurs), dptnya sekitar 2,5 jt yg klo dipake hdp di desa Indonesia sdh lbh dr cukup utk sebln. (selama ceramah selalu triak2 sambil nggebrak2 blackboard putih, mgkn biar kliatan sangat bersemangat menjadi kaya). Sang motivator lalu kasi testimony, bhw dia dulunya miskin, rmhnya gedek (potonya yg msh miskin ditampilken di OHP), trus 6 thn lalu nggabung sama jaringan ini, skrg perminggu gajinya sekitar 50 jt rupiah, punya mobil mewah yg diparkir di halaman gedung, punya rmh mewah. Selesai sang motivator kasi ceramah, lalu ditampilken abangnya yg sdh lbh kaya kasi ceramah sebentar, juga triak2, dia juga kasi testimony, trus dilanjutken bagi2 cek (bkn cek cok lho tp BG) senilai US$250 buwat para anggota yg sdh berhasil dpt pengikut. Yg dpt cek lalu kasi testimoni. Stlh itu ditampilken sang guru bsrnya, yaitu kakak tertua sang motivator, yg lbh kaya lagi, njelasin juga sambil triak2 bgmn kiat utk cepat kaya. Dg ikut jaringan ini peluang cepat kaya terbuka lebar, lalu kasi testimoni bhw dia dulu peternak lele yg miskin, stlh gabung ke jaringan ini 8 thn, skrg dia sdh punya rmh mewah, mobil mewah, penghasilan milyaran rupiah. Istrinya juga ikut jaringan, jd penghasilannya berlipat. Nah, utk ikut jaringan ini modalnya cuma NEKAT, NEKAT dan NEKAT. Utk jd anggota hrs bayar dulu utk beli starterpack berupa biodisk yg khasiatnya luar biasa bagi kesehatan, spt mengencangken payudara (maaf) bagi yg sdh kendor, mengembaliken kejantanan (maaf lagi, ini asli penjelasan sang penceramah) bagi yg sdh loyo, baik utk kebugaran, dan bisa menyembuhken macem2 penyakit. Pokoknya ajaib lah. Karena starterpacknnya buatan jerman maka belinya juga jd mahal (akibat krus rupiah ke dollar katanya) sekitar 7 jt rupiah. Nah, klo msh miskin dan enggak punya duit segitu tp ingin gabung ke jaringan biar cepet kaya, gampang katanya, kiatnya adl UGD: Utang, Gadai, Dol. Klo utang sdh enggak bisa ya gadaiken apa yg dipunyai, klo gadai sdh enggak bisa ya dol (dijual) apa yg dipunyai.

Jam 12 lbh ceramah selesai, lalu bubar. Kita diajak mkn siang trus ke mobil dan pulang. saya pikir, ini mirip moneygame, krn sama sekali enggak ada disinggung soal dagang koin emas dan perhiasan, yg ditekanken justru cari pengikut sebanyak2nya. Karena setiap dpt anggota 3 kanan 3 kiri akan dpt fee US$250, enggak perlu dagang lagi. Dan sang motivator dan guru bsrnya juga enggak punya toko perhiasan dan arloji mewah, cuma ngandalken cari pengikut sebanyak2nya. Utk itu tiap minggu ada pertemuan spt ini yg diikuti ratusan mgkn ribuan org. Mgkn kata “ora umum” yg ada di spanduk tadi mengacu ke sini, penghasilan yg ora umum (enggak umum) meski kerjanya cuma cari pengikut. Tertarik mau gabung?

18 april 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s