soya chip mendoan

pernah tau penemu tempe? siapakah dia? hmm… penemunya enggak dikenal. tapi tempe kira2 sudah dibuat sejak 2000 tahun yang lalu. ceritanya begini, kedelai itu kan keras ya, memasaknya juga perlu waktu lama. nah, di china sana, orang sudah nanam kedelai tiap musim panas sejak 3000 tahun lalu dan panennya sangat melimpah, sehingga banyak numpuk di gudang. suatu hari pemilik kedelai melihat biji kedelai yang disimpan berjamur. tapi nekat aja dimasak. welhadalah, lha kok rasanya uenak. lebih enak ketimbang kedelai yang enggak berjamur. sejak saat itulah tempe dianggap ditemukan.

nah, pada suatu hari, kedelai yang berjamur tadi dituangi air garam. wow, kok jadi kecap? ck..ck.. ajaib! semua makanan rasanya jadi tambah enak kalau dikasih kecap. saking ngetopnya sehingga enggak ada kecap nomor 2, semua kecap nomor 1.
tapi, meskipun penemunya orang china ternyata tempe sama kecap sangat terkenal di pulau java sejak tahun 1600-an. Saking terkenalnya, tempe bahkan ditulis di buku kuno java.

sebenernya, orang java mengenal kedelai, tempe, kecap dari orang china yang datang ke indonesia sejak tahun 400 masehi. nah, orang amerika dan eropa belum lama kenal tempe. mereka menamainya soya chip. ajaibnya, tempe dipatenkan di amerika. wah…apa enggak kliru ya?

hm…ngomong2 soal soya chip, di java, ada macem2 soya chip. ada soya chip mendoan, ada kripik soya chip, ada soya chip bacem, soya chip kemul, soya chip penyet, dll. anda suka soya chip yang mana?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s