#1

menurut cerita ibu, saya lahir di rumah sakit menjelang senja.  beberapa menit kemudian waktu saya masih dimandikan, lahirlah adik saya, perempuan. kembar laki-perempuan kata orang jawa disebut “dhampit”. dengan kelahiran saya dan adik saya itu jadilah kami 6 bersaudara terdiri 3 laki dan 3 perempuan.

beberapa hari kemudian saya dan adik saya sudah boleh dibawa pulang, ibu ditemani adiknya ibu naik becak membawa 2 bayi. menjelang dekat rumah, terjadi kecelakaan kecil, becaknya seperti menginjak entah batu atau akar pohon besar, akibatnya terguling, kami terlempar, untungnya saya dan adik saya tidak sampai lepas dari gendongan. wah…syukurlah tidak terjadi hal yang fatal.

karena punya 2 bayi sekaligus repot juga, kalau memberi ASI harus bergantian.  kata ibu, ASI diberikan selama 1 tahun, itu anjuran dari pihak rumah sakit waktu itu. beberapa tahun kemudian anjuran pemerintah itu dikoreksi, jadi pemberian ASI 2 tahun, tapi saya sudah telanjur cuma dapat ASI 1 tahun.  tapi orang tua bangga karena di lingkungan itu hanya kami yang punya anak kembar, laki perempuan. lalu kami diberi nama mustika. (akte kelahiran saya dan adik kembaran saya masih pakai kertas buram yang diketik pakai mesin ketik, sebagai saksi adalah dua orang teman kantornya bapak, meterainya 5 rupiah).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s