klepon

tahu kan yg namanya klepon? itu lho, jajanan bulet2 sebesar bola bekel yg warnanya hijau, luarnya ditaburi parutan kelapa, dan kalau digigit terasa nyus karena di dlmnya ada cairan gula jawa yang meleleh begitu kena gigitan.

dulu wkt saya kecil, ibu kadang2 beli klepon kalau belanja di pasar. kleponnya terasa mantep, gede2, makan 5 klepon sdh terasa kenyang. mungkin karena wkt itu kapasitas perut kecil jadi cepat kenyang, soalnya gak lama juga rasa kenyang hilang lagi.  atau mungkin karena bahan baku klepon dari tepung ketan (oryza sativa var.glutinosa) jadi lebih ‘berat’. apalagi ada gula kelapanya dan parutan kelapa (cocos nucifera). penuh dengan karbohidrat. tapi masih lumayan sehat karena pewarna hijaunya bukan pakai ‘sumbo’ pewarna kain tapi pakai daun suji (dracaena angustifolia atau sinonimnya pleomele angustifolia) dan atau daun pandan wangi (pandanus amaryllifolius). aromanya yg khas pandan, hm….bisa menerbitkan air liur.

jaman sekarang, setelah ada pasar modern (mulai minimarket sampai hypermarket) klepon masih eksis, dijual mulai dari pasar tradisional hingga pasar modern itu. kalau di pasar tradisional jaman dulu klepon dibungkus daun pisang, sekarang bungkusnya kebanyakan pakai plastik. atau pakai kardus.

kalau kita perjalanan dari surabaya arah ke pasuruan lewat gempol, di sana banyak penjual klepon. klepon di sini ukurannya memang lebih kecil daripada yg dulu saya kenal waktu masih kecil.  buat pelancong, sepertinya belum afdol kalau belum mencicipi klepon gempol. diantara banyak produsen klepon di sana, ada salah satu yg dianggap paling enak. lantaran banyaknya penjual klepon itu, seolah2 klepon adalah jajanan khas gempol. tapi ternyata di martapura kalimantan selatan, klepon juga jadi jajanan khas. namanya klepon buntut. saya belum tahu kenapa dinamai klepon buntut.  hanya tuhan yang tahu. (hehehe….itu kata becak di jtv). tapi  ukuran butiran kleponnya kecil2. isi setiap kemasan kardusnya juga lebih sedikit. di martapura pun ada salah satu produsen yg dianggap paling enak hasil karyanya.

jadi, klepon itu jajanan khas mana ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s