Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII

Judul : Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII
Penulis: Azyumardi Azra
Penerbit: Prenada Media
xxv + 466 hlm.
ISBN : 979-3465-46-8

Sejauh ini tidak terdapat kajian komprehensif tentang jaringan ulama timur tengah dan nusantara. Meski terdapat kajian-kajian penting tentang beberapa tokoh ulama Melayu-Indonesia pada abad ke-17 dan ke-18, tetapi tak banyak upaya dilakukan untuk mengkaji secara kritis sumber-sumber pemikiran, dan khusunya tentang bagaimana gagasan dan pemikiran Islam mereka transmisikan dari jaringan ulama yang ada, dan bagaimana gagasan yang ditransmisikan itu mempengaruhi perjalanan historis Islam di nusantara.

Lebih jauh, ketika jaringan keilmuan itu sedikit disinggung, kajian-kajian yang ada lebih berpusat pada aspek “organisasional” jaringan ulama di timur tengah dengan mereka yang datang dari bagian-bagian lain dunia Islam. Tidak ada kajian yang membahas “kandungan intelektual” yang terdapat dalam jaringan ulama tersebut. Padahal kajian tentang aspek intelektual ini sangan penting untuk emngetahui bentuk gagasan dan ajaran yang ditransmisikan melalui jaringan ulama.

Kajian ini berupaya menjawab beberapa masalah pokok; Pertama, bagaimana jaringan keilmuan terbentuk di antara ulama timur tengah dengan murid-murid Melayu-Indonesia? bagaimana sifat dan karakteristik jaringan itu? Apakah ajaran atau tendensi intelektual yang berkembang dalam jaringan? Kedua, apa peran ulama Melayu-Indonesia dalam transmisi kandungan intelektual jaringan ulama itu ke Nusantara? Bagaimana modus transmisi itu? Ketiga, apa dampak lebih jauh dari jaringan ulama terhadap perjalanan Islam di nusantara?

Berbeda dengan studi-studi yang ada tentang Islam di Indonesia praabad ke-19, yang biasanya mendasarkan pembahasannya pada sumber-sumber Barat dan lokal, Azyumardi Azra berusaha semaksimal mungkin menggali dan menggunakan sumber-sumber berbahasa Arab. Tampaknya, inilah buku pertama yang menggunakan sumber-sumber Arab secara ekstensif dalam pengkajian yang berkenaan dengan sejarah pembaruan pemikiran Islam di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s