Memediklopedia

dulu waktu masih kecil kita biasa dengar cerita soal memedi alias hantu. apalagi dulu di sebelah rumah masih banyak tanah pekarangan kosong yang angker banyak memedinya. bahkan ada “jalan raya gaib” yang dilalui makhluk menakutkan itu menuju ke laut selatan. kalau di tanah pekarangan itu dibuat pagar yang melintang di jalan gaib itu besok paginya pagar itu sudah berantakan, katanya dirusak oleh pengguna jalan gaib itu, mungkin ditabrak kendaraan gaib ya. tapi dulu pada malam2 tertentu suka terdengar suara2 kereta kuda lewat lengkap dengan ringkik kudanya dari utara menuju ke selatan, padahal jalan yang riil arahnya timur-barat. suara2 apakah itu?? hu….takut…..
dulu pak kiai (pak kiai ini lumayan modern karena pernah jadi anggota MPR) di masjid deket rumah, kalau khotbah jum’at gak baca text kayak bapak presiden soeharto. dalam salah satu materi khotbah pernah disebut adanya makhluk gaib seperti jin, setan merkayangan, gendruwo, thethekan, ilu-ilu, banaspati, yang intinya kita enggak boleh tergoda oleh makhluk2 seperti itu. nah, seperti apakah makhluk2 ajaib itu? simak uraian berikut ini:

JIN
jin adalah bentuk dasar dari semua ujud makhluk aneh2 itu. tuhan menciptakan jin dari api. jin hidup bermasyarakat di dunianya sana, ada jin laki dan jin perempuan, mereka juga berumah tangga dan beranak-pinak, mereka hidup terus sampai kiamat, sehingga jumlah penduduk dunia jin berjubel. bentuk dasarnya menyerupai manusia, ada juga yang cacat gak punya kaki, ada yang tangannya buntung, ada yang mukanya mengerikan, dsb. ada crita, dulu ada orang yang kawin sama jin, mula2 dia seneng mancing, suatu saat dia bilang sudah punya istri dan anak, kalau malam jum’at istrinya datang, tapi orang lain enggak pernah lihat. setelah kawin sama jin dia jadi jago mancing.
di antara masyarakat jin ini ada yang beriman ada yang enggak beriman. setan dan iblis adalah kelompok jin yang enggak beriman. jin ini juga kadang2 bisa berubah2 wujud, tapi enggak permanen, nanti kembali ke wujud semula. jin bisa berubah wujud jadi banaspati, thethekan, ilu-ilu, suwanggi, dsb.

POCONG
pasti tahu kan memedi pocong? ada filmnya tuh. memedi pocong hanya ada di indonesia. teman saya crita, tetangganya yang juga teman saya pernah ketakutan dikejar pocong malam2 pas pulang ke rumahnya. di dekat situ ada kuburan angker, katanya ada pocong dan kuntilanak. teman saya yang pernah dikejar pocong itu pernah membawa film yang dibuat oleh teman2nya, hasil hunting pocong di kuburan, mereka melibatkan dukun, dalam film yang dibuat pakai handycam itu tampak hantu muncul dari dalam tanah, ketika salah seorang ketakutan dan pingsan, si pocong itu menarik kaki orang yang pingsan itu, teman2nya tampak panik lalu berusaha membebaskan orang itu dari cengkeraman pocong, terjadilah tarik2an. tampak mereka tegang semua. lalu si dukun menyabet memedi pocong itu pake udengnya berkali-kali, lalu pocong itu masuk ke dalam tanah dan kluar asapnya. film itu enggak tampak seperti hasil rekayasa. waktu saya tanya ke salah seorang paranormal, katanya memedi itu bisa dishoot pakai kamera infrared. hm…mau nyoba?
ada dua jenis memedi pocong: yaitu yang cuma pocong biasa dan satunya pocong culi. jadi kalau malam2 ada suara culi….culi….culi… itu artinya ada pocong culi. pocong ini badannya terikat tali pocong jadi dia minta tolong untuk diuculi (dilepas) talinya, makanya bilang culi…culi…culi….
sejak kapan memedi pocong itu ada, saya enggak tahu pasti. tapi dari bentuknya, mungkin memedi pocong muncul berbarengan dengan masuknya islam ke indonesia, karena orang islam yang meninggal dibungkus kain kafan yang namanya juga dipocong. sebelum islam masuk, orang indonesia masih beragama hindu/budha/animisme, kalau meninggal mayatnya enggak dipocong. apa motivasi memedi pocong itu ya? hm…enggak tahu saya.

KUNTILANAK
memedi ini berjenis kelamin perempuan. kostumnya gaun panjang putih. memedi jenis ini mungkin sudah sedikit modern karena sudah kenal gaun, mungkin munculnya mulai jaman penjajahan walondo dulu ya. soalnya saya belum pernah dengar kuntilanak pakai kemben yang merupakan pakaian asli java.
memedi ini katanya terjadi dari wanita sedang hamil yang meninggal. di java kuntilanak berlubang punggungnya, dan disebut sundel bolong. tugas memedi ini mengganggu laki2, menghisap darahnya di bagian tengkuk, mirip vampir. ada kalanya juga senang makan bayi atau wanita hamil. makanya di java ada kebiasaan meletakkan gunting, jarum dan pisau di dekat bayi untuk menangkal kuntilanak.
kalau di sunda kuntilanak enggak bolong punggungnya, tugasnya cuma menakut-nakuti aja.
kuntilanak menyukai pohon waru doyong. makanya kalau malam2 yang sepi deket kuburan atau tempat angker yg ada waru doyongnya trus sayup2 kedengaran suara perempuan tertawa-tawa hii…..hihihihihihihi….dan tercium harumnya bunga kamboja, itu pasti ada kuntilanak.

GENDRUWO
kalau memedi yang ini berjenis kelamin laki2, bentuknya mirip manusia tapi raksasa berwarna hitam matanya merah, jari2nya segede pisang ambon, sekujur tubuhnya ditumbuhi rambut hitam kayak monyet. biasanya menghuni pohon. dia suka mengganggu istri orang. memedi jenis ini muncul sejak kapan ya? ada yang tahu?

GLUNDHUNG PRINGIS
memedi ini berujud kepala tanpa badan yang menggelinding di tanah. mula2 ia menjatuhkan diri dari pohon, gedebuk!. trus ia menggelinding dan brenti di depan orang yang jalan sendirian malam2. matanya mendelik (melotot) sambil mringis. hii……
memedi glundhung pringis belum saya ketahui sejak kapan pertama kali kemunculannya, dan apa motivasinya.

SUWANGGI
suwanggi berujud kepala manusia yang gondrong yang terbang malam2, kadang menclok di pohon, suka menggigit manusia dan menghisap darah. kadang bisa berubah menjadi kelelawar. kalau malam2 di pohon besar terdengar bunyi; pok….pok….pok….pasti ada suwangginya. hiii…..
orang java yang hidup di luar java ternyata juga kenal suwanggi. saya pernah dengar cerita suwanggi dari orang java di donggala sulawesi, terus ada juga teman sekolah di sma dulu yang pindahan dari papua juga kenal suwanggi. waktu saya crita suwanggi dia heran kok saya tahu, dikiranya suwanggi cuma ada di luar java. eh, jadi ingat, teman saya ini dulu trus kuliah di farmasi ugm, tapi meskipun sama2 di ugm tapi dulu cuma pernah ketemu satu kali, sekarang belum tahu di mana dia.

LAMPOR
memedi ini suka berkeliaran saat menjelang maghrib sampai malam. tugasnya menculik anak-anak yang masih bermain di luar. juga menebar penyakit. dengar2 lampor itu masih anak buahnya nyi roro kidul. makanya kadang2 di daerah java selatan ada jalan raya gaib menuju ke laut selatan, ke istananya nyi roro kidul. jadi kalau habis maghrib ada barisan obor yg gak ada orangnya tapi bisa jalan sendiri menuju selatan artinya ada lampor. konon lampor itu adalah iring-iringan pasukan berkuda.
memedi jenis ini diduga mulai ada sejak nyi roro kidul jadi ratu laut selatan. tahun berapa ya?

BANASPATI
banaspati itu memedi yg suka menyantap darah kotor (darahnya wanita datang bulan). jika itu terjadi maka si wanita jadi kesurupan. banaspati juga berbahaya karena ganas, bisa mencelakai orang sampai mati. makanya perlu hati2, kenali banaspati. wujudnya berupa kepala berambut api. dia penunggu gerbang kuburan. tapi api kalah sama air, kalau dikejar banaspati larilah lalu nyebur sungai. tapi kalau gak bisa renang ya sama saja bunuh diri, hehehe…..

THETHEKAN
memedi yg ini belum diketahui wujudnya, cuma berupa bunyi-bunyian berirama tertentu mirip kentongan atau pukulan-pukulan pada bambu. bunyinya kan thek…thek…thek… jadi namanya thethekan. wah, mungkin ini memedi musisi ya, ada yg mau nanggap gak? hehehe…. tapi kalau ada bunyi-bunyian tanpa bentuk kan menakutkan juga ya? oh iya, memedi ini sering juga usil, melempar kerikil atau batu yang tak tahu entah darimana datangnya. lha kalau ada yg suka lempar batu sembunyi tangan mungkin masih kerabatnya thethekan kali ya?

WEWE GOMBEL
wewe gombel habitatnya di tepi-tepi sungai. biasanya muncul di siang bolong berujud nenek-nenek berambut gimbal mirip mbah surip, bajunya compang-camping, dan suka nyanyi nyanyi. memedi ini suka menculik anak-anak.
tapi ada sebagian orang yg suka menunggu kedatangan wewe gombel, soalnya mau diambil popoknya. kalau punya jimat popok wewe orang jadi bisa menghilang. wuih…sekti ya? mau ikut cari popok wewe? cari aja di pohon2 tinggi, karena biasanya wewe gombel habitatnya di pohon tinggi. tapi kita enggak tahu persis sejak kapan pertama kali wewe gombel muncul, tapi mungkin setelah kita mengenal kain tenun ya? barangkali dulu jaman baju masih terbuat dari kulit kayu belum ada wewe gombel, lha bagaimana membuat popok dari kulit kayu ya, kan kasar dan bisa bikin iritasi.

KEMAMANG
kemamang berupa bola api berkobar, kadang2 ada di daerah-daerah seperti padang rumput luas, persawahan, kebun-kebun. sering muncul ketika sawah-sawah habis panen. kemamang itu tadinya bola api kecil yg lama-lama membesar. gak tahu ya bahan bakarnya apa. bisa membakar apa enggak, juga gak tahu. jadi belum jelas tugasnya apa. juga belum tahu sejak jaman apa memedi kemamang ini pertama kali muncul. tapi katanya kalau memedi kemamang dicuekin aja lama2 malah padam dengan sendirinya, gak perlu ditiup.
nama lain kemamang adalah pulung gantung. dinamai begini karena sebagian orang percaya memedi ini menjadi penyebab orang gantung diri.

ANGGA INGGI
bentuk memedi ini menakutkan, punya taring dan lidahnya panjang, rambut gimbal, suka minum darah manusia. habitatnya di rawa-rawa.

CUMPLUNG
memedi cumplung berujud tengkorak manusia. katanya memedi ini bunyinya seperti ayam, Kruk…. Kruk…. Kruk….
habitat memedi ini di reeimbunan Seperti di hutan dan di bawah pepohonan. jadi kalau malam2 ada buah jatuh dari pohon yang sangat rimbun, jangan2 itu memedi cumplung ya, hiiii……..

JRANGKONG
berujud kerangka manusia, memedi ini jarang muncul, kalau muncul memedi ini suka mencelakai orang. kalau sampai disentuh jrangkong akan menemui ajal dengan bekas gosong di tempat yang disentuh itu. kalau malam2 gelap ada bunyi berderit-derit, ati2, siapa tahu itu jrangkong. awas, dia suka mengejar orang yg ditemui.

WEDHON
ini adalah varian lain dari pocong, cirinya adalah berbentuk kain kafan yang terbentang, lama2 membesar. memedi ini suka ngejar2 orang. selain di kuburan, Wedhon suka muncul di kebun pisang dan rumpun bambu yang lebat. uniknya, kalo sudah membentuk pocong, memedi ini bisa meludahi orang. kalau kena ludah wedhon kulit jadi busuk.

MENTHEK
memedi ini berujud bayi yang suka menghisap isi padi hingga membuat gagal panen. ada yang bilang menthek sebenarnya adalah sebuah ilmu hitam kuno yang dipakai seseorang untuk memperkaya diri (salah satu jenis ilmu pesugihan) melalui penghisapan padi orang lain menjelang panen. menthek juga bisa berwujud ayam yang muncul pada malam hari di tengah sawah mau notholi padi.
debut memedi ini belum diketahui tahun berapa, tapi kerjaannya mirip hama ya? gimana kalau disemprot pestisida ya?

PERI
wkt kecil dulu sering dengar jim setan peri perayangan, nah, kayak apa mereka itu ya? hm….peri adalah memedi perempuan berkaki kuda. tugasnya menggoda laki2 di perempatan atau jembatan pada malam hari yang gelap, lalu minta diantar ke suatu tempat, tapi biasanya laki2 yang ngantar itu enggak tahu kemana, tahu2 sudah sampai di kuburan, kebun angker.
kalau ketemu peri di depan akan tercium bau wangi, tapi setelah lewat akan tercium bau busuk. memedi ini kadang juga disebut peri perayangan.
peri ini tampaknya beda dengan peri yang baik hati spt di dongeng adaptasi dari walondo. peri dongeng walondo itu suka menolong. gak tahu itu jenis peri apa, mungkin juga peri kemanusiaan ya? hehehe…..

3 oktober 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s